A. Tujuan Laporan Keuangan
Berikut tujuan dibuatnya laporan keuangan secara umum :
- Laporan keuangan menyajikan informasi tentang posisi keuangan (aktiva, utang dan modal pemilik) pada suatu saat tertentu.
- Laporan keuangan menyajikan informasi kinerja (prestasi) perusahaan.
- Laporan keuangan menyajikan informasi tentang perubahan posisi keuangan perusahaan.
- Laporan keuangan mengungkapkan informasi keuangan yang penting dan relevan dengan kebutuhan para pengguna laporan keuangan.
B. Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan
Menurut “Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan” terdapat empat karakteristik kualitatif pokok laporan keuangan: 1 .Dapat Dipahami
Informasi yang disajikan dalam bentuk dan bahasa teknis yang sesuai dengan tingkat pengertian penggunanya.
2. Relevan
Penyajian informasi keuangan harus berkaitan dengan tujuan pemanfaatannya.
3. Andal
Bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan yang material.
4. Dapat Diperbandingkan
Informasi akuntansi harus dapat diperbandingkan dengan informasi akuntansi periode sebelumnya
C. Apa Saja yang Terdapat Dalam Laporan Keuangan
Berikut bagian - bagian dari laporan keuangan yang kita akan bahas satu persatu :
- Neraca (Balance Sheet)
Neraca disebut juga Laporan Posisi Keuangan, laporan yang menyajikan informasi mengenai aktiva, kewajiban dan modal perusahaan
Manfaat Neraca adalah pada aspek likuiditas dan fleksibilitas keuangan perusahaan yakni :
- Likuiditas adalah suatu alat ukur untuk menilai kemampuan perusahaan untuk menunaikan utang-utangnya tepat pada waktu yang telah disepakati.
- Fleksibilitas keuangan adalah suatu alat ukur untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mendapatkan sumber dana.
2. Laporan Laba Rugi ( Income Statement)
Dalam akuntansi, prosedur penentuan laba/rugi periodik adalah dengan menyelisihkan segenap pendapatan selama satu periode dengan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam rangka mencapai pendapatan tersebut (transaction approach).
Pendapatan adalah kenaikan aktiva atau penurunan kewajiban atau kombinasi keduanya sebagai akibat penyerahan produk perusahaan kepada para pelanggan.
Biaya (expense) adalah penurunan aktiva atau kenaikan kewajiban atau kombinasi keduanya sebagai akibat penyerahan produk perusahan kepada para pelanggan.
Untung adalah kenaikan aktiva neto yang berasal dari peristiwa insidental dan bukan dari penyerahan jasa kepada pelanggan.
Apa manfaat laporan laba rugi sebenarnya :
- Laporan laba/rugi merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan.
- Laporan laba/rugi merupakan titik pangkal penaksiran keberhasilan perusahaan pada periode berikutnya.
- Laporan laba/rugi merupakan media untuk menilai tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba (rentabilitas ekonomik atau return on investment (ROI)).
3. Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal pada dasarnya memberikan gambaran tentang segala macam perubahan modal (Capital ) yang terjadi pada periode terkait. Hal ini penting diketahui sehingga perusahaan dapat memberikan kebijakan dalam penggunaan modal nantinya.
3. Laporan Arus Kas (Cash Flow)
Tujuan dari Laporan arus kas adalah sebagai berikut :
- Memberikan informasi tentang penerimaan kas dan pengeluaran kas entitas selama suatu periode
- Menyediakan informasi tentang kegiatan operasi, investasi, dan pembiayaan entitas tersebut atas dasar kas
Manfaat laporan arus kas sendiri bisa kita bagi dalam beberapa hal bagi kreditor, investor dan pihak penilai lain :
- Kemampuan entitas untuk menghasilkan arus kas di masa depan
- Kemampuan entitas untuk membayar deviden dan memenuhi kewajibannya
- Penyebab perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi
- Transaksi investasi dan pembiayaan yang melibatkan kas dan nonkas selama suatu periode
Demikian pemabahasan Laporan keuangan secara singkat. Di Postingan selanjutnya kita akan membahas bagian - bagian laporan keuangan secara mendetail Silahkan kirim pertanyaan dengan memberikan comment di blog ini. Semoga bermanfaat.
daftar pustaka tulisan ini min
BalasHapus